Kamis, 09 Agustus 2012

Sampah Plastik Jangan Dibuang! Bisa Dikreasikan jadi Hiasan Menarik



Berkreasi dengan barang-barang yang tidak lagi berguna menjadi bermanfaat adalah aktifitas yang sangat menarik, apalagi jika barang tersebut bernilai jual. Inilah yang dilakukan Yusmaniar, wanita 45 tahun yang sudah tiga tahun terakhir ini berkreasi dengan barang bekas, terutama limbah plastik.  
 
BERSAMA sejumlah ibu yang tinggal di sekitar Jalan Wijaya Kusuma Ujung IV Pondok Betung Kecamatan Pondok Aren Tangerang Selatan, Yusmaniar kini menekuni produksi kerajinan. “Sekarang saya jadi punya banyak waktu di rumah karena pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah. Tidak seperti dulu saat masih bekerja, anak-anak suka tak terurus,” aku Ibu Yus—sapaan akrabnya.  

Menurutnya, kerajinan dari sampah plastik merupakan kerajinan yang bisa menjadi alternatif peluang usaha. Selama ini, sampah plastik seringkali menjadi masalah dalam sampah rumah tangga. Sebab limbah plastik memang sangat sulit untuk diuraikan. Berbeda dengan sampah organik, hanya dengan menambahkan beerapa zat tertentu, limbah organik dapat dipakai menjadi pupuk yang ramah lingkungan. “Inilah yang membuat saya serta teman-teman di sini mulai mengembangkan kreatifitas,” tutur wanita berjilbab ini.

Dijelaskan, sampah plastik diolah menjadi berbagi produk yang berguna sehingga tiddak terbuang dan merusak lingkungan. Dilihat dari sisi penggunaannya plastik dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat kebutuhannya. Misalnya saja kantong plastik bekas belanja di pasar. Kantong-kantong bekas tersebut diolah Yusmaniar dan teman-temannya menjadi barang yang bermanfaat. Diantaranya, menjadi berbagai jenis bunga dengan kreasi yang menarik.

Awalnya, bunga yang di buat dari kantong plastik bekas ini hanya di pakai untuk pajangan penghias meja tamunya. Tetapi banyaknya kolega yang melihat hasil kreasi Yus, membuat sejumlah orderanpun berdatangan. “Sekarang, saya juga banyak melayani pesanan. Kalau ada pameran-pameran saya juga suka ikut,” tutur wanita murah senyum ini.

Ternyata mengolah sampah plastik menjadi barang-barang yang bermanfaat, memiliki potensi ekonomi yang cukup baik. Peluang usaha dari sampah plastik ini selain memiliki nilai profit, juga mengurangi polusi dari dari limbah plastik. Banyak lagi kerajinan tangan yang bisa di buat selain bunga dari limbah plastik. Limbah plastik ternyata bisa disulap menjadi lampu lampion yang bernilai tinggi. (putra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar